Politics

4 Kebiasaan Buruk Pemicu Kerusakan Rambut

Kamu mungkin punya kebiasaan ini dan tak sadar merusak mahkota.

Dream – Kondisi rambut yang rusak bagi perempuan tentunya sangat berdampak pada rasa percaya diri. Beberapa keluhan yang sering muncul adalah rambut kering, kusam, rontok bahkan hingga menipis.

Untuk mengatasinya, dibutuhkan perawatan intensif dan harus disesuaikan dengan kondisi. Terutama bagi hijaber yang rambutnya selalu tertutup.

Sebelum merawat rambut dengan tepat, kamu harus tahu dulu penyebab rambut bisa rusak. Pada beberapa kondisi, rambut yang rusak bisa terjadi karena kebiasaan buruk kita sehari-hari dan hal ini tak disadari.

Apa saja kebiasaan buruk tersebut?

 1. Mengeringkan Rambut dengan Handuk 

2. Keringkan Rambut dengan Benar© MEN

Handuk biasa kita gunakan untuk mengeringkan tubuh setelah mandi. Walaupun memang bisa digunakan untuk tubuh, penggunaan handuk untuk mengeringkan rambut bisa dihindari. 

Jika digunakan untuk mengeringkan rambut, handuk yang kasar dapat menyerap minyak alami di rambut, dan membuatnya jadi rapuh. Untuk itu gunakanlah handuk khusus untuk rambut atau kaus untuk mengeringkan rambut, atau bisa juga membiarkan rambut kering secara alami. 

 

1 dari 8 halaman

Alat Penata Bersuhu Panas

Ketika menata rambut dengan alat penata yang memiliki pemanas, rambut juga dapat rusak. Rambut yang tekena panas dari alat penata rambut bisa kering, terbakar, dan minyak alami di rambut juga hilang.

Penggunaan alat penata rambut dengan sumber panas, dapat menjadi penyebab rambut rusak, cobalah untuk menghindarinya. Gunakan pada saat tertentu saja.

 

2 dari 8 halaman

Menguncir Rambut Terlalu Kuat

Menguncir rambut terlalu keras dapat membuat tekanan di akar rambut, yang jika dilakukan secara berulang kali dapat membuat rambut rapuh. Untuk itu, hindari menguncir rambut terlalu kuat, dan pilihlah ikat rambut yang sesuai. 

Gunakan 5 Hal Ini untuk Mengatasi Rambut Berbau Tak Sedap© MEN

Tidur dan berkualitas
Ketika tubuh beristirahat dengan tidur, waktu ini menjadi waktu yang pas untuk rambut ikut beristirahat. Menguncir rambut saat tidur, dan mengenakan sarung bantal yang kasar, dapat menyebabkan rambut rusak. Biarkan rambut terurai saat kamu tidur, dan ganti sarung bantal dengan bahan satin yang aman untuk rambut. 

 

Sumber: Femina.in

 

3 dari 8 halaman

Coba 5 Cara Biar Rambut Tumbuh Lebih Cepat

Dream ─ Seiring dengan perkembangan dunia kecantikan, semakin banyak gaya rambut yang bisa membuat para wanita terlihat lebih menarik. Rambut yang panjang cenderung membuat wanita terlihat elegan dan feminin.

Maka dari itu, banyak wanita yang ingin rambutnya lebih cepat panjang dan kuat untuk menunjang penampilan. Biasanya, rambut akan tumbuh setengah inci setiap bulan.

Melakukan Perawatan Rambut© Shutterstock

Lain halnya jika rambutmu lebih bertekstur. Rambut yang bertekstur bisa memakan waktu lebih lama untuk tumbuh. Kamu masih bisa mengoptimalkan pertumbuhan rambut dengan banyak cara. Cobalah dari Cnet.com, untuk membuat rambut lebih cepat memanjang.

4 dari 8 halaman

1. Menggunakan sampo dan serum yang tepat

Menggunakan Serum© Shutterstock

Sampo merupakan kunci utama perawatan rambut. Sampo menjaga kesehatan kulit kepala yang merupakan sumber tumbuhnya rambut.

Jika kulit kepala kurang sehat, begitu pula dengan pertumbuhan serta kekuatannya. Jadi, kamu harus menunjang kesehatan rambut dengan memilih sampo yang tepat.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengoptimalkan kesehatan rambut dengan memakai produk perawatan lainnya, seperti conditioner dan serum yang sesuai kebutuhan kulit kepala maupun rambutmu.

Jangan lupa untuk memilih produk yang bisa membersihkan sekaligus menjaga kelembapan kulit kepala. Terapkan juga gaya hidup sehat agar kesehatan rambutmu tetap terjaga dan pertumbuhannya pun lebih optimal.

5 dari 8 halaman

2. Memotong rambut secara berkala

Memotong Rambut© Shutterstock

Memotong rambut secara berkala akan menjaga batang rambutmu tetap kuat. Jika tidak dipotong, rambut yang mulai kering dan bercabang akan patah. Rambut pun akan semakin sulit untuk memanjang. Jadi, potonglah rambutmu setiap 8-12 minggu untuk mencegah dampak buruk dari cabang rambut.

6 dari 8 halaman

3. Menghindari pewarnaan rambut

Mewarnai Rambut© Shutterstock

Proses mengecat rambut bisa merusak rambutmu serta menghambat pertumbuhannya. Rambutmu juga akan lebih rapuh. Terutama, jika kamu sering melakukan bleaching dan tidak melakukan perawatan yang lebih intens.

Lakukanlah pewarnaan rambut tanpa bleaching jika ingin tampilan yang berbeda dan tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan rambutmu.

7 dari 8 halaman

4. Hindari suhu panas

Menggunakan Hairdryer© Shutterstock

Suhu yang panas dari alat penata rambut bisa membuat rambutmu lebih kering, mudah bercabang, dan rusak. Bahkan, pemakaian heat protector sebelum menggunakan alat penata rambut juga tidak bisa melindungi rambutmu sepenuhnya.

Bilaslah rambut dengan air dingin ketika keramas jika ingin menggunakan alat bersuhu panas. Sehingga, dampaknya tidak terlalu buruk bagi kesehatan rambut.

Bila perlu, gunakan sarung bantal berbahan sutra untuk mengurangi gesekan pada rambut yang menyebabkan kusut serta masalah lainnya.

8 dari 8 halaman

5. Mengonsumsi suplemen

Mengonsumsi Suplemen© Shutterstock

Beberapa kondisi rambut memerlukan suplemen untuk menunjang kesehatannya. Terutama, jika kamu ingin rambut tumbuh lebih sehat, cepat, dan kuat. Pastikan kamu berkonsultasi pada dokter kulit terlebih dulu untuk mendapatkan suplemen dan perawatan yang tepat. (mut)

Laporan: Abinsha Nurmaulida




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close