Politics

5 Cara Mudah Menghilangkan Noda Teh dan Kopi Pada Termos, Lakukan Langkah Ini Agar Maksimal

Suara.com – Termos menjadi salah satu wadah terbaik untuk menyimpan kopi atau teh. Dengan bahan alumunium yang digunakan, termos dapat membuat kopi dingin maupun panas menjadi lebih tahan lama.

Namun, karena penggunaan ini pulalah, noda kopi dan teh seringkali menempel di bagian dalam termos. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkannya secara berkala supaya tidak ada kuman tumbuh di dalamnya.

Dilansir dari laman profitable venture, berikut 5 cara menghilangkan noda teh dan kopi pada termos.

1. Soda Kue dan Cuka

Baca Juga:
Terlalu Ramai dan Berisik, Wanita Ini Curhat Baru Bisa Tidur setelah Kedai Kopi Tetangga Tutup

Perpaduan soda kue dan cuka sudah dikenal ampuh untuk menghilangkan noda teh dan kopi pada termos Anda, caranya cukup ikuti langkah berikut:

  • Tuangkan cuka ke dalam termos dan tambahkan satu atau dua sendok makan soda kue. Goyangkan termos yang sudah diisi soda kue dan cuka dengan kuat sampai berbusa.
  • Ketika busa sudah mengendap, tuangkan air panas untuk mengisi termos sampai penuh. Biarkan selama sepuluh menit atau lakukan sambil menggosok bagian dalam termos dengan sikat botol.
  • Setelah itu, tuangkan air di dalam termos dan bilas menggunakkan air panas beberapa kali sampai tidak lagi tercium bau cuka. Biarkan termos mengering dan gunakan kembali.

2. Es dan Garam

Sebelum menggunakan es dan garam untuk membersihkan termos. Pastikan termos Anda kosong untuk diisi seperempat bagiannya dengan es batu yang sudah dihancurkan.

Setelah itu, tuangkan tiga sendok makan garam, untuk hasil maksimal gunakan garam laut atau garam kasar.

Kemudian, kocok termos kuat-kuat. Garam kasar dan pecahan es di dalam akan mengikis noda teh dan kopi yang menumpuk pada logam di dalam termos.

Baca Juga:
Menikmati Aneka Kopi di Event Jakarta Coffee Experience 2022

Setelah itu, buang es dan garam yang tersisa dan isi termos dengan air hangat. Kocok untuk menghilangkan noda dan sisa es serta garam, pastikan bersih sebelum digunakan kembali.

3. Jus Lemon

Cara membersihkan noda teh dan kopi di dalam termos selanjutnya adalah dengan jus atau perasan lemon. Caranya, cairkan perasan lemon dengan sejumlah air dan tuangkan ke dalam termos.

Biarkan setidaknya selama lima menit dan gosok bagian dalam menggunakan sikat botol atau spons. Setelah itu, buang air di dalam termos dan bilas beberapa kali untuk menghilangkan aroma lemon.

4. Bubuk Pencuci Piring

Bubuk pencuci piring merupakan salah satu bahan pembersih yang kuat untuk menghilangkan noda kopi dan teh pada termos atau gelas kesayangan Anda. Penggunaan pembersih jenis bubuk lebih efektif karena bersifat abrasif dan dapat mengikis noda.

Untuk metode ini, Anda memerlukan satu sendok makan untuk setiap liter tampungan termos Anda. Caranya, cukup tuangkan bubuk ke dalam termos dan tambahkan sedikit air panas. Kocok termos setelah itu isi lagi dengan air sampai penuh. Kemudian diamkan semalaman dengan tutup terbuka.

Pagi harinya, buang air di dalam termos dan sisakan setengah untuk disikat dengan sikat botol. Setelah itu, buang semua sisa air dan diamkan termos sampai kering.

5. Hidrogen Peroksida

Hidrogen peroksida dapat digunakan sebagai pengganti cuka dan soda kue. Peroksida juga merupakan bahan utama dalam semprotan antibakteri buatan sendiri sehingga Anda tahu bahwa bukan hanya menghilangkan noda, bahan ini juga akan membersihkan kuman di termos atau tempat minum Anda. 

Namun, jangan lupa untuk membilasnya berkali-kali dengan air hangat serta cairan pencuci piring sebelum menggunakannya kembali.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close