Politics

6 Penyebab Sariawan, Tak Selalu karena Kurang Vitamin C

Suara.com – Sariawan (ulkus aphthous) adalah luka terbuka kecil yang muncul di mulut, biasanya di dalam bibir atau pipi bagian dalam. Sariawan umumnya berwarna putih atau kuning dan sering dikelilingi oleh jaringan merah yang meradang. Selain itu, kadang proses penyembuhannya cenderung lama. Lantas, apa saja penyebab sariawan?

Diketahui, sariawan terasa menyakitkan ini adalah salah satu kondisi mulut yang paling umum. Meski proses penyembuhannya kadang cenderung lama, namun dalam banyak kasus, sariawan dapat sembuh dengan sendirinya dan tidak memerlukan perawatan apa pun. 

Namun juga dalam beberapa kasus lainnya, sariawan dapat menunjukkan masalah mendasar yang mungkin memerlukan perawatan medis. 

Penyebab Sariawan 

Baca Juga:
Sering Merasa Stres? Coba 5 Langkah Sederhana Ini untuk Mengatasinya

Secara umum, ada beberapa penyebab sariawan yang perlu diketahui. Melansir dari sejumlah sumber, adapun beberapa penyebabnya sebagai berikut.

1. Stres

Hubungan antara stres dan sariawan tidak dipahami dengan baik, tetapi penelitian menunjukkan bahwa peningkatan tingkat stres dapat menyebabkan bisul atau sariawan berkembang. 

Ilustrasi gambar obat sariawan. (freepik)
Ilustrasi gambar obat sariawan. (freepik)

2. Perubahan hormonal

Fluktuasi hormon dapat menyebabkan sariawan. Wanita yang rentan terhadapnya mungkin memicu timbulnya borok atau sariwan dalam beberapa hari sebelum menstruasi dan hilang setelah selesai. 

Baca Juga:
Pedas! Bintang Emon Minta Pelaku Cat Calling ‘Mingkem’, Doakan Sariawan Tak Sembuh

3. Kekurangan Gizi




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close