Politics

Agar Selamat Sampai Tujuan, Doa Menaiki Kendaraan

TANTRUM – Pada akhir pekan ini mungkin kita akan bepergian dengan keluarga menggunakan kendaraan.

Ada baiknya saat hendak berangkat dengan menaiki kendaraan, kita memanjatkan doa terlebih dahulu. Berikut bacaan doa menaiki kendaraan, dicuplik dari laman Atsar, Minggu, 18 Agustus 2022.

Membaca ‘Bismillah’ 3x, setelah naik kendaraan, membaca ‘Alhamdulillah’ Ialu membaca:

”Maha Suci Dzat Yang telah menundukkan (kendaraan ini) kepada kami, tidaklah kami sebelumnya mampu menguasainya. Dan sungguh kepada Rabb, kami benar-benar akan dikembalikan.”

Baca Juga:Survei LPI: Kepala BIN Budi Gunawan Tokoh Paling Berpengaruh

Kemudian membaca ‘Alhamdulillah’ 3x, ‘Allahu Akbar’ 3x, dan terakhir membaca:

”Maha Suci Engkau ya Allah, sungguh aku sangat zalim kepada diri ini. Maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

[H.R. At Tirmidzi dari shahabat Ali bin Abi Thalib , dishahihkan oleh Asy Syaikh Al Albani dalam Shahih Sunan At Tirmidzi].

Penjelasan :

Setiap saat, kita tiada Iepas dari nikmat Allah . Detik demi detik yang kita lewati, bahkan dalam rentang detik yang kita lintasi, semuanya adalah rahmat dan kemurahan-Nya. Maka, pintalah selalu karunia kepada-Nya. Kemudian bersyukurlah sebanyak-banyaknya. Kendaraan, adalah di antara dari sekian nikmat yang tak terhitung. Dengannya, Allah memudahkan aktivitas bepergian kita.

Baca Juga:Dukung Regulasi BPA Demi Lindungi Kesehatan Publik Terus Mengalir

Membaca doa ini adalah salah satu wujud syukur. Apalagi, terkandung dalam doa ini, bentuk-bentuk ibadah yang besar. 

Di antaranya, dzikir, i’tiraf yaitu pengakuan terhadap kelemahan diri, juga istighfar. Yang semuanya  mengungkapkan isyarat permohonan Iindungan dan keselamatan kepada Allah .



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.