Politics

Bantu Pertumbuhan Ekonomi, Bank DKI Digitalisasi Sektor Pariwisata-UMKM

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA – Pariwisata jadi salah satu sektor yang menguntungkan dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia pasca pandemi. Keuntungan ini tak lepas dari digitalisasi layanan perbankan. 

Hal ini mendorong BUMD DKI bidang perbankan, Bank DKI dengan menghadirkan pembaharuan digital bagi sektor pariwisata dan UMKM. 

Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono menyampaikan ada kesinambungan antara peningkatan ekonomi sektor pariwisata dengan UMKM.

“Dalam upaya mendukung Pariwisata dan UMKM, Bank DKI mempermudah wisatawan dalam bertransaksi dengan menggunakan aplikasi JakOne Pay, yang juga dapat dimanfaatkan oleh wisatawan asing,” kata Amirul dalam diskusi di acara Festival Ekonomi Digital Indonesia (FEKDI), ditulis Senin (18/7/2022).

Sebagai informasi, hingga periode Juni 2022, transaksi QRIS melalui JakOne Mobile Bank DKI tumbuh 74 persen secara year on year menjadi Rp22,4 miliar.

Kemudian sampai Juni 2022, jumlah pengguna JakOne Mobile sudah mencapai 1,7 juta pengguna, dengan jumlah nominal transaksi Rp9,1 triliun, dan volume transaksi hingga 10,8 juta kali.

Lebih lanjut, Direktur Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia, Elsya MS Chani mengatakan upaya digitalisasi di sektor pariwisata dan UMKM dilakukan lewat integrasi transportasi, hingga elektronifikasi pembayaran. 

Hal ini diharapkan lebih memudahkan konsumen khususnya turis dalam memenuhi keperluan perjalanan wisatanya.

“Kehadiran QRIS sebagai bagian dari digitalisasi perbankan dapat memudahkan konsumen terutama para turis yang juga menjadi upaya mendukung UMKM di sejumlah destinasi pariwisata,” ucap Elsya.




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close