Politics

Cerita Big Mac McDonald’s Jadi Benda Bersejarah di Islandia

Kondisi ekonomi dan politik jadi latar belakang burger terakhir.

Dream ─ Big Mac merupakan menu khas McDonald’s yang begitu populer. Berupa burger ukuran besar dengan isian yang padat. Menu ini tersedia di berbagai gerai di banyak negara, kecuali Islandia.

Di negara tersebut Big Mac rupanya kini jadi benda bersejarah, bahkan disimpan di museum. Cerita unik soal Big Mac ini dimulai dari seorang pria bernama Hjortur Smarason, yang menemukan sekantong Big Mac pada 2012 di gudang di rumahnya.

Pada tahun tersebut, merupakan hari terakhir McDonald’s beroperasi di Islandia. Saat itu, mulai dari 2008 kondisi ekonomi dan politik Islandia sedang sangat tidak stabil.

Efeknya adalah bahan-bahan baku McDonald’s yang harus diimpor dari Jerman harganya naik drastis. Bila dijual dan ingin mendapat keuntungan, harganya pun harus dinaikkan gila-gilaan. Hal ini membuat pemilik McDonald’s Islandia memutuskan untuk berhenti beroperasi pada 2009.

 

1 dari 2 halaman

Tak heran kalau burger Big Mac yang ditemukan Smarason pada 2012, jadi benda bersejarah. Banyak yang penasaran mengapa burger tersebut tidak membusuk dan McD memberi penjelasan kalau kelembapan di gudang tersebut yang membuat burger tetap utuh.

Big Mac© Shutterstock

Kini Big Mac terakhir di Islandia itu jadi penghuni Museum Nasional Islandia dan dianggap sebagai benda bersejarah. Banyak pengunjung lokal maupun dari mancanegara berkunjung ke museum karena penasara melihat burger tersebut.

Laporan Abinsha Nurmaulida Rizky/ Sumber: Atlas Obscura

2 dari 2 halaman

Buat kamu yang berjualan makanan atau suka memesan makanan secara online, bisa tengok ManisdanSedap.com. Selain membantu penggemar kuliner menemukan dan memesan beragam menu favorit, platform ini juga membantu para pemilik UMKM untuk menampilkan jualan mereka sebagai ‘etalase’.

Lengkap dengan tombol pembelian langsung menuju ke nomor whatsapp Seller, pembeli dapat berinteraksi dengan Seller dan melakukan transaksi terpisah dari platform. Yuk, bikin usaha kuliner rumahanmu makin dikenal dengan ikutan gabung ke ManisdanSedap.com!

 

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close