Politics

Diduga Rem Blong, Truk Tangki Bermuatan 12 Ton Cairan Asam Terguling di Merak

Merdeka.com – Truk tanki yang mengangkut 12 ton cairan Hydrochloric (Hcl) mengalami kecelakaan tunggal di Jalan Raya Suralaya-Merak, pada Sabtu (25/6) sekira pukul 16.30 WIB. Kasatlantas Polres Cilegon AKP Yusuf Dwi Admojo membenarkan kejadian tersebut.

“Benar telah terjadi peristiwa kecelakaan lalu lintas truk tanki dengan nomor polisi B-9448-XJ yang dikendarai pria inisial KA (24), membawa muatan Hcl terguling,”kata Yusuf, Minggu (26/6).

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun, kerugian materi mencapai Rp10.000.000.

Yusuf menceritakan kronologi kecelakaan. Dia menceritakan, pada saat itu, mobil yang dikendarai pria berinisial KA hendak pergi dari Suralaya menuju Merak. Mendadak remnya tidak berfungsi, sehingga sang sopir membanting stir dan menabrak pembatas jalan.

“Sopir mencoba membanting stir ke kanan hingga menabrak pembatas jalan, akibatnya mobil terguling dan muatan 12 ton bahan kimia tersebut tumpah membasahi jalan. Sehingga membuang ke kanan jalan dan menabrak pembatas jalan, kemudian mobil terguling,” jelasnya.

Yusuf menambahkan petugas yang datang kemudian mengevakuasi truk dengan alat berat. Petugas juga memanggil pihak berwenang terkait keamanan cairan tersebut agar tidak membahayakan pengendara lain. Penanganan sementara, petugas menaburkan pasir dan kapur di area yang terkena cairan serta mengevakuasi kendaraan.

“Petugas menaburkan pasir pada cairan yang tumpah,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono mengatakan turut prihatin atas peristiwa kecelakaan lalu lintas tersebut. Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar hati-hati saat membawa kendaraan.

“Kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar saat mengemudikan kendaraan di jalan tetap waspada dan berhati-hati serta selalu mengecek kendaraan sebelum beraktivitas,” ujar Sigit.

Sigit meminta agar pengendara disiplin dan mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

“Utamakan keselamatan karena keluarga menanti di rumah,” tutup Sigit. [rnd]

Baca juga:
Tertabrak Saat Menyeberang, Jemaah Asal Jaktim Alami Patah Tulang
Ban Mobil Lepas, Kakek dan Empat Cucunya Jatuh ke Jurang Sedalam 50 Meter
Kecelakaan Maut di Sumba Tengah, Truk Masuk Jurang 9 Orang Tewas
Cerita Insiden Beruntun Balap Liar, Warga Malah Bersyukur
Mobil Wisatawan Terobos Perlintasan Kereta Api di Serdang Bedagai, 5 Orang Tewas




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close