Politics

Doa Masuk dan Keluar Rumah dalam Islam Beserta Artinya

TANTRUM – Agama Islam mengatur berbagai perilaku umatnya dalam menjalankan aktivitas keseharian. 

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga umatnya, sehingga dapat terhindari dari bahaya maupun kerugian. 

Salah satu perilaku umat muslim yang juga merupakan kesunahan, yaitu sikap masuk dan keluar dari rumah. 

Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh seorang muslim ketika masuk maupun keluar rumah meliputi membaca basmalah, berdzikir, dan mengucap salam. 

Baca Juga:Bernardo Tavares Puji Kualitas Pemain Muda di Skuad PSM

Dikutip dari laman Jatim NU, Kamis, 1 September 2022, salah satu yang disarankan adalah membaca basmalah dan berdzikir kepada Allah Subhana Wa Ta’ala, sedangkan yang tidak boleh dilupakan adalah mengucapkan salam ketika hendak masuk rumah baik di dalamnya ada penghuninya atau tidak. 

“…Apabila kamu memasuki rumah-rumah hendaklah kamu memberi salam (kepada penghuninya, yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, dengan salam yang penuh berkah dan baik dari sisi Allah. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat(-Nya) bagimu, agar kamu mengerti.” (Q.S Na-Nur {24}:61)

Adapun tata cara pengucapan salam ketika masuk maupun keluar rumah sebaiknya dilakukan dengan penuh penghormatan sebagai perwujudan dari pengharapan dalam meminta berkah dan kebaikan. 

Hal tersebut, juga dijelaskan dalam sebuah hadis dari Anas bin Malik RA sebagai berikut: 

“Rasullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam bekata kepadaku: Wahai anakku, jika kamu masuk menemui keluargamu, maka ucapkanlah salam, agar datang keberkahan atasmu dan penghuni rumahmu.” (HR-At Tirmidzi).

Baca Juga:4 Fakta Uncle Sam Sik, Drama Korea Pertama yang Dibintangi Song Kang Ho

Bacaan Doa Masuk Rumah Selain itu, juga terdapat kesunahan ketika masuk maupun keluar rumah, yaitu dengan mengucap doa. 

Rasulullah SAW telah mencontohkan doa yang dapat dipakai ketika masuk ke dalam rumah. Dikutip dari buku Kumpulan Do’a Sehari-Hari oleh Kemenag (2013:54), doa yang contohkan oleh Rasulullah SAW ketika masuk rumah sebagai berikut:

,  

Arab Latin: Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihiin. Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa 

Artinya: “Semoga keselamatan atas kita, hamba-hamba Allah yang shalih. a Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal.” (H.R Ibnu Daud).

Bacaan Doa Keluar Rumah Selain berdoa ketika masuk ke dalam rumah, Islam juga mengajarkan umatnya untuk berdoa ketika bepergian atau keluar dari kediaman. 

Hal tersebut, tentunya dilakukan untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT. Dikutip dari laman NU Online, adapun doa yang dapat dibaca oleh seorang muslim ketika keluar dari rumah sebagai berikut: 

Arab Latin: Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi wa lâ haula wa lâ quwwata illâ billâhil ‘aliyyil ‘adhîm 

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan (pertolongan) Allah.” (H.R Abu Daud dan Tirmidzi) 

Selain itu, juga terdapat doa lain yang dapat dibaca oleh seorang mukmin sebagai upaya memohon kepada Allah SWT, supaya diberikan keselamatan ketika berada di luar rumah sebagai berikut:

Arab Latin: Bismillâhi tawakkaltu ‘alallâhi, allâhumma innî a‘ûdzu bika an adlilla au udlalla, au azilla au uzalla, au adhlima au udhlama, au ajhala au yujhala ‘alayya 

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Ya Allah, aku berlindung dari berbuat sesat atau disesatkan, dari tergelincir atau digelincirkan, dari buat zalim atau dizalimi, dari kebodohan atau dibodohi.”



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.