Politics

Epson Indonesia Dukung Konservasi Penyu untuk Jaga Ekosistem Laut

Merdeka.com – Epson Indonesia mendukung kegiatan konservasi penyu di sejumlah wilayah Indonesia untuk menjaga ekosistem laut dari kerusakan bahkan kepunahan.

Head of Finance and Corporate Services Epson Indonesia M Husni Nurdin menjelaskan ada beberapa tempat seperti di Bali, Pulau Merah, Gresik, dan Banyuwangi untuk kegatan konservasi penyu.

Pada tahun lalu Epson Indonesia memberi dukungan kepada komunitas penyu di Bengkulu dan melepaskan 4 penyu dan ribuan tukik (anak penyu). Dan tahun ini Epson berkontribusi di wilayah konservasi Banyuwangi, Jawa Timur.

Dukungan konservasi penyu tersebut merupakan bagian dari program Epson yang peduli terhadap lingkungan. Konservasi penyu ini masuk dalam program restorasi laut Epson, bekerja sama dengan pemuda, warga, bisnis maupun komunitas lokal.

“Di Banyuwangi Epson Indonesia berkesempatan melepas 1.200 penyu kembali ke alam. Keberadaan penyu-penyu tersebut di masa depan diharapkan mampu mengembalikan kehidupan laut menjadi lebih baik, bahkan kembali ke kondisi idealnya. Epson memiliki program dengan fokus pada lingkungan dengan nama Epson 2050. Pada 2050 mendatang emisi karbon diharapkan bisa berada di angka nol, bahkan jika memungkinkan berada pada angka negatif,” ujar Husni dalam rilisnya, kemarin.

Menurut dia, pada 5-6 tahun program awal, Epson fokus kepada peningkatan literasi dan sumber daya manusia terkait menciptakan lingkungan yang lebih baik.

Kemudian 5 tahun belakang fokus Epson bergeser pada isu-isu lingkungan, konservasi lingkungan sebagai upaya menyelamatkan bumi dari kerusaka. Berbagai program konservasi lingkungan tersebut, antara lain konservasi penyu, penyelamatan terumbu karang, serta pengurangan penggunaan emisi karbon.

“Kondisi Indonesia masih lebih ke masyarakatnya perlu diberdayakan, terus daerahnya daerah bencana, maka itu di awal-awal 5-6 tahun belakangan fokusnya ke sumber daya manusia, seperti mengurangi kemiskinan, mengurangi kelaparan, pendidikan yang berkualitas, maka itu kami selenggarakan Epson goes to school. Tapi lima tahun terakhir, peduli pada isu lingkungan karena bumi ini akan makin lama makin berat bebannya, dieksploitasi terus. Ada kebutuhan mengembalikan bumi ke kondisi yang lebih natural kembali,” kata dia.

Sebagai langkah nyata dalam penyelamatan terumbu karang, pada 22 Maret lalu Epson menyambangi Alor di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Konservasi terumbu karang diharapkan dapat mengembalikan keanekaragaman hayati laut yang telah rusak karena eksploitasi.

[sya]




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close