Politics

Gempa Banten Bermagnitudo 5,1 Diduga Dipicu Aktivitas Sesar Cimandiri

Suara.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika/BMKG mengungkapkan bahwa gempa dengan magnitudo 5,1 yang terjadi di wilayah Banten Selatan pada Jumat (1/4/2022) dipicu aktivitas sesar Cimandiri.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono membeberkan bahwa berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di dasar laut.

“Gempa selatan Banten Magnitudo 5,1 siang ini memiliki mekanisme sumber sesar geser mengiri (sinistral strike-slip) diduga dipicu Sesar Cimandiri yang menerus ke laut,” kata Daryono.

Episenter gempa terletak pada koordinat 7,14 derajat Lintang Selatan dan 106,01 derajat Bujur Timur tepatnya di laut pada jarak 29 kilometer arah Tenggara Cikeusik, Pandeglang, Banten pada kedalaman 10 km.

Baca Juga:
Banten Diguncang Gempa Empat Kali, BPBD Lebak Imbau Warga Hindari Bangunan Rusak

Gempa ini berdampak dan dirasakan di Pelabuhan Ratu dengan skala intensitas IV MMI, daerah Panggarangan dan Tanjung Lesung dengan skala intensitas II-III MMI, daerah Jakarta, Tangerang Selatan, Cidahu, Tangerang, Bogor, dan Bandung dengan skala intensitas II MMI.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami karena magnitudonya relatif kecil untuk dapat membangkitkan tsunami. Hingga Jumat siang, BMKG mendeteksi 3 kali gempa susulan dengan magnitudo terbesar 4,4. [Antara]




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close