Politics

Haters Berupaya Framing Anies soal Kemiskinan, Data BPS Tunjukkan Fakta Sebaliknya

FAJAR.CO.ID — Sejumlah pihak terutama pembenci Anies Baswedan tampak berupaya keras memframing seolah Gubernur DKI Jakarta itu gagal membangun Ibu Kota yang dipimpinnya. Terbaru framing bahwa kemiskinan DKI Jakarta kembali ke 15 tahun lalu, tampaknya menemui jalan buntu.

Buktinya, data BPS menunjukkan bahwa Jakarta masih yang terbaik di Pulau Jawa dan bahkan se-Indonesia soal pengentasan kemiskinan.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin Indonesia pada September 2021 berjumlah sekitar 26,5 juta orang, dengan persentase penduduk miskin nasional 9,71%.

Angka ini menurun dibanding September 2020, di mana jumlah penduduk miskin Indonesia masih sebanyak 27,5 juta orang, dengan persentase penduduk miskin nasional 10,19%.

Pada September 2021, mayoritas penduduk miskin Indonesia berada di Pulau Jawa dengan jumlah mencapai 14,02 juta orang. Adapun provinsi di Jawa yang memiliki persentase penduduk miskin tertinggi adalah DI Yogyakarta, yaitu 11,91%.

Jawa Tengah berada di posisi berikutnya dengan persentase penduduk miskin 11,25%. Setelah itu ada Jawa Timur 10,59%, Jawa Barat 7,97%, Banten 6,5%, dan DKI Jakarta 4,67%.

Sumber, Data BPS

Sementara itu, sejumlah tokoh mengaku muak dengan munculnya framing pemberitaan bahwa kemiskinan di DKI Jakarta kembali ke 15 tahun lalu. Seperti yang diutarakan Natalius Pigai, Andi Sinulingga, dan tokoh lainnya.




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close