Politics

Iran Tuduh AS Hasut Ketegangan di Timur Tengah Lewat ‘Iranophobia’

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, TEHERAN – Iran menuduh Amerika Serikat mencoba menghasut ketegangan di Timur Tengah melalui “Iranophobia”.

Dilansir Al-Jazeera, tuduhan itu datang sehari setelah Joe Biden mengakhiri tur pertamanya di kawasan itu sebagai presiden AS.

“AS sekali lagi berusaha menciptakan ketegangan dan krisis di seluruh kawasan dengan mengandalkan kebijakan Iranophobia yang gagal,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanani, dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu (17/7/2022).

Pernyataan itu mengatakan AS adalah negara pertama yang menyebarkan bom nuklir, yang terus-menerus mengganggu urusan negara lain.

Kemudian disbutkan, AS telah meluncurkan konflik bersenjata, dan telah menjual sejumlah besar senjata di seluruh kawasan.

Mengacu pada dukungan berkelanjutan Washington untuk musuh bebuyutan Iran, Israel, Kanani mengatakan AS adalah “aksesori utama untuk melanjutkan pendudukan di tanah Palestina, kejahatan harian rezim terhadap Palestina, dan apartheid”.

Komentar dari pemerintah Iran muncul setelah Biden mengunjungi Israel dan menyambangi Arab Saudi, perjalanan pertamanya sebagai presiden AS yang bertujuan untuk melawan pengaruh Iran di kawasan Timur Tengah.

Baca juga: Iran Masukkan 61 Orang AS dalam Daftar Hitam karena Dukung Organisasi Teroris

Pada pertemuan puncak di Jeddah yang mempertemukan enam anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC), serta Mesir, Yordania dan Irak, Biden berjanji kepada para pemimpin Arab bahwa Washington tidak akan menarik diri dari wilayah tersebut.

“Kami tidak akan pergi begitu saja dan meninggalkan kekosongan untuk diisi oleh China, Rusia, atau Iran,” katanya.

Presiden terpilih Iran Ebrahim Raisi tersenyum saat menyapa perwakilan media selama konferensi pers pertamanya di ibukota republik Islam Teheran, pada 21 Juni 2021.
Presiden terpilih Iran Ebrahim Raisi tersenyum saat menyapa perwakilan media selama konferensi pers pertamanya di ibukota republik Islam Teheran, pada 21 Juni 2021. Iran Tuduh AS Hasut Ketegangan di Timur Tengah Lewat ‘Iranophobia’ (ATTA KENARE / AFP)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close