Politics

Jadi Lokasi IKN, Disporapar Paser Cari Putri Pariwisata dan Duta Wisata

Merdeka.com – Pendaftaran Putri Pariwisata dan Duta Wisata 2022 telah dibuka Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser, Kaltim. Untuk diketahui, Kalimantan Timur dijadikan lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara oleh Pemerintah.

“Pemilihan putri pariwisata dan duta wisata ini melibatkan generasi muda dalam mempromosikan pariwisata daerah,” kata Kepala Disporapar Kabupaten Paser Muksin di Tanah Grogot, Jumat (18/3).

Menurut dia, dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan pariwisata, putri pariwisata dan duta wisata selalu dilibatkan. Adapun tugas mereka mempromosikan pariwisata daerah kepada masyarakat luas.

Muksin memandang perlu melibatkan banyak pihak dalam promosi objek pariwisata mengingat Kabupaten Paser memiliki banyak potensi wisata, terutama wisata alam yang masyarakat perlu mengetahuinya.

“Tugas putri pariwisata dan duta wisata nantinya adalah menyampaikan kepada masyarakat tentang semua potensi pariwisata Kabupaten Paser,” katanya.

Bagi mereka yang terpilih di tingkat kabupaten, kata dia, akan diikutkan lomba pemilihan putri dan duta wisata tingkat Provinsi Kaltim.

Sementara itu, Kabid Pengembangan Kepariwisataan Disporapar Paser Arya Widhiyasa mengatakan bahwa pihaknya masih menyosialisasikan ke sekolah-sekolah dan kecamatan terkait dengan penjaringan putri pariwisata dan duta wisata.

“Kami sosialisasikan ke sekolah-sekolah dan kecamatan untuk kemudian disampaikan kepada masyarakat,” katanya.

Disebutkan pula bahwa pendaftaran peserta yang semula ditetapkan pada bulan April 2022 harus diperpanjang karena tahapan sosialisasi dinilai belum maksimal. Hal itu karena sebagian besar pelajar mengikuti pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19.

“Pendaftaran pun kami perpanjang sampai 20 Mei 2022, sedangkan pelaksanaannya pada bulan Juni 2022,” ucapnya.

Dijelaskan pula bahwa pemilihan putri pariwisata dan duta wisata dibuka untuk umum dengan catatan masih berusia 17—24 tahun.

Arya menyebutkan persyaratan lain, yakni peserta harus sehat jasmani serta tidak terlibat dari penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan (narkoba) terlarang dengan melampirkan surat keterangan bebas narkoba.

Untuk peserta putri, lanjut dia, dipersyaratkan tinggi badan minimal 155 sentimeter dan untuk putra tingginya minimal 165 cm.

Persyaratan pendaftaran diutamakan belum menikah dan harus fasih dalam berbahasa Indonesia, bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, serta memiliki bakat menarik. Seperti dikutip Antara.

[rhm]




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close