Politics

Jaga Kesucian Bulan Ramadhan, Kapolri Minta jajarannya Melakukan Pengamanan Humanis kepada Peserta Aksi 11 April

Suara.com – Seluruh jajaran kepolisian yang mengawal aksi mahasiswa pada Senin (4/11/2022) diminta melakukan pengamanan dengan pendekatan humanis untuk menjaga kesucian Bulan Ramadhan.

Pernyataan tersebut disampaikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Polri memberikan dan menjamin setiap warga negara untuk untuk menyampaikan aspirasinya atau memberikan ruang demokrasi. Oleh karena itu, pendekatan humanis harus terus dilaksanakan dalam mengawal aksi demonstrasi,” katanya seperti dikutip Antara, Minggu (11/4/2022) malam.

Instruksi tersebut langsung disampaikan Listyo Sigit dalam kegiatan video konferensi bersama seluruh jajaran kepolisian.

Baca Juga:
BEM Se-Indonesia Gelar Unjuk Rasa, BEM UNS Pastikan Ikut Bergabung

Dalam video konferensi tersebut, ia menyatakan komitmen Polri dalam menjunjung tinggi hak asasi manusia (HAM) dan nilai-nilai demokrasi di Indonesia.

Polri berpegang teguh pada UUD 1945 maupun undang-undang yang mengatur soal kebebasan berpendapat dan berekspresi yang merupakan bagian dari HAM sehingga diberikan perlindungan secara universal (umum).

Namun, aparat kepolisian diminta tetap menjalankan tugasnya dalam memberikan jaminan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Untuk itu, Sigit berharap, kegiatan penyampaian aspirasi oleh mahasiswa pada Senin, 11 April 2022, mampu menghormati dan menjaga kesucian serta kekhusyukan umat Islam yang sedang menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan.

“Sebab itu, humanis harus terus dilaksanakan. Apalagi, karena saat ini bulan Ramadhan, kesucian dan kekhusyukan bagi umat Islam yang sedang menjalani puasa tetap harus kami perhatikan,” ujar Sigit.

Baca Juga:
Ini Nama 6 Mahasiswa Unhas Berangkat ke Jakarta, Akan Demo di Istana Negara

Sigit juga mengimbau, kepada personel kepolisian maupun peserta aksi, untuk mengantisipasi adanya penumpang gelap atau oknum yang berusaha menunggangi demonstrasi tersebut.




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close