Politics

Jalur Kereta Api Makassar–Parepare Sepanjang 145 Km Segera Rampung

Merdeka.com – Jalur kereta api Makassar–Parepare adalah jalur sepanjang kurang lebih 145 kilometer ini merupakan tahap pertama dari pembangunan jalur kereta api Trans-Sulawesi dari Kota Makassar menuju Kota Parepare. Proses peletakan batu pertama pembangunan kereta api lintas Makassar-Parepare dilaksanakan pada Senin, 18 Agustus 2014 di Desa Siawung, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru.

Pemasangan rel pertama telah dilakukan pada Jumat, 13 November 2015 di Desa Lalabata, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru. Pemasangan rel disaksikan oleh Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hermanto Dwiatmoko dan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo.

Jalur kereta api ini pada awalnya dibangun jalur tunggal, tetapi lahan yang disiapkan dapat dibangun jalur ganda. Jalur ini direncanakan mempunyai 17 stasiun yang akan dibangun sebagai pemberhentian kereta api.

jalur kereta api makassarndashparepare

Jalur Kereta Api Makassar–Parepare©2022 Merdeka.com

Nah saat ini jalur kereta api ini sudah hampir rampung digarap. Hal ini disampaikan Ditjen Perkeretaapian dalam akun Instargramnya, @ditjenperkeretaapian.

“#SahabatDJKA, hari ini MinKA seneng banget karena jalur KA di Makassar – Parepare sebentar lagi rampung! 🤩,” tulis akun @ditjenperkeretaapian.

Jalur kereta api Makassar–Parepare ini bakal benyak menghubungkan tempat-tempat wisata lho. “Emang mau ke mana, MinKA? MinKA mau jalan-jalan dong ke tempat wisata dekat sini hehehe sekalian healing…,” tulisnya lagi.

“Kamu masih sabar atau udah nggak sabar nih nunggu rampung pembangunan prasarana perkeretaapian ini? Komen di bawah ya!,” tulisnya lagi.

[hhw]




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.