Politics

KPAI Imbau Masyarakat Bawa Anak-anak Mudik Lewat Jalur Darat Persiapkan Hal Ini

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Jasra Putra mengingatkan agar pemudik yang membawa serta anak-anaknya mempersiapkan sejumlah hal.

Jasra mengatakan, Pemerintah menghimbau pentingnya penyediaan rest area pemudik motor. Sehingga sangat bijak, bila para pemudik motor tidak memaksakan diri, benar,benar memastikan kendaraan dalam kondisi prima dan selalu menghentikan kendaraannya setiap 2 jam. Termasuk jika pemudik membawa serta anak-anak.

“Apa yang menjadi harapan anak-anak selama di perjalanan, perlu dipersiapkan. Seperti konsumsi air mineral yang cukup, obat obatan, jaket, jas hujan, makanan sehat dan mainan yang mau dibawa,” tutur Jasra dalam keterangannya, Sabtu (23/4/2022).

Selain itu, Jasra mengimbau agar para pemudik menghindari jajanan yang memicu asam lambung, seperti terlalu pedas dan terlalu asam.

“Hendaknya setiap jam mengecek kondisi anaknya, jangan sampai karena faktor kelelahan kemudian memaksakan diri untuk tetap berkendara,” ujar Jasra.

Setiap tahun, ucap Jasra, KPAI bersama Kementerian terkait dan Lembaga serta para aktivis anak selalu mengingatkan faktor keselamatan mudik dengan mengkampanyekan Mudik Ramah Anak dan Disabilitas.

“Yang didalamnya sangat mengajurkan untuk tidak melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor. Karena resiko yang sangat tinggi di perjalanan. Untuk itu KPAI berharap penyelenggaraan mudik tahun ini semakin baik dan semakin ramah buat anak anak yang dilibatkan mudik orang tuanya,” kata Jasra.

Jasra berujar, KPAI mendorong agar masyarakat, perusahaan, fasilitas ibadah dan fasilitas publik membuka diri untuk membantu para pemudik motor, memberi perhatian para pemudik motor yang akan istirahat.

“Karena keterbatasan rest area yang ada. Dengan menyediakan kebutuhan mereka, agar dapat melanjutkan perjalanan secara baik,” ucapnya.




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close