Politics

Lingkar Dada dan Cup yang Pas dengan Payudara! Pahami Cara Mengetahui Ukuran Bra

TANTRUM – Mengetahui ukuran bra yang pas memang sangat penting untuk perempuan. Namun, tahukah Anda manfaat bra bagi kesehatan tubuh?

Sebuah studi di jurnal Chiropractic & Osteopathy mengungkapkan bahwa 80% perempuan yang menjadi partisipan menggunakan size bra yang salah.

Sebanyak 70% menggunakan bra yang terlalu sempit. Sedangkan, 10% perempuan lainnya menggunakan bra yang terlalu besar.

Akankah manfaat bisa didapatkan jika perempuan menggunakan ukuran bra yang tidak sesuai dengan payudaranya? Bra bagi wanita dewasa adalah salah satu barang harian yang sangat penting.

Baca Juga:Pingin Glass Skin Ala Tren Korea Selatan, Begini Caranya

Selain sebagai penunjang penampilan, bra juga dapat menentukan level kesehatan Anda, lho! Menurut British Chiropractic Association, salah ukuran bra bisa menyebabkan sakit punggung, menciptakan postur tubuh yang buruk, bahkan bisa merusak urat saraf.

Memilih ukuran bra yang tepat memang tidak bisa dibilang mudah. Banyak wanita yang salah ukuran bra, entah itu cup yang terlalu kecil atau lingkar dada yang kebesaran.

Sebelum memutuskan membeli bra, ada baiknya Anda memastikan ukurannya dengan lebih dulu mengukur payudara.

Banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat ketika mengenakan bra yang sesuai, salah satunya Anda akan terlihat langsing.

“Ketika mengenakan bra yang tepat ukuran, kita akan terlihat lebih langsing 4,5 kg dan 10 tahun lebih muda,” kata Lori Kaplan, pemilik Bra*Tenders Lingerie Store di New York dicuplik dari laman Orami, Minggu, 18 September 2022.

Baca Juga:Tahun Depan Pemerintah Jabar akan Gunakan Kendaraan Listrik

Hal itu dikarenakan ketika payudara Anda terangkat, torso akan terlihat lebih panjang, sehingga menimbulkan kesan lebih langsing. Penting untuk memeriksa apakah koleksi bra yang dimiliki saat ini sudah pas ukurannya atau belum.

Faktor yang Memengaruhi Ukuran Bra

Bentuk dan ukuran payudara wanita berbeda-beda, tergantung faktor genetika. Selain itu, ada juga pengaruh beberapa hal, seperti:

1. Berat Badan

Kenaikan berat badan karena lemak berkontribusi pada pembentukan jaringan dan kepadatan payudara.

2. Olahraga

Latihan dengan fokus gerakan di dada seperti push up atau bench press dapat membangun otot di belakang jaringan payudara.

3. Hamil dan Menyusui

Perubahan hormon membuat payudara ibu hamil dan menyusui lebih besar dibandingkan dalam kondisi normal.

4. Siklus Menstruasi

Perubahan hormon menjelang siklus menstruasi juga membuat ukuran payudara lebih besar dibandingkan hari biasanya.

5. Pertambahan Usia

Bentuk, ukuran, dan elastisitas payudara juga mengendur seiring pertambahan usia.

Tips Mendapatkan Ukuran Bra yang Pas

Demi mendapatkan ukuran bra yang pas, Anda tentunya perlu mengetahui tips dan triknya nih. Jangan sampai salah, yuk ikuti cara di bawah ini!

1. Mengukur Lingkar Bra dengan 2 Jari

Anda sudah mendapatkan ukuran bra yang cocok ketika bra tak bergeser saat bergerak. Nah, agar memastikan tidak salah pilih, Anda bisa menggunakan 2 jari. 

Caranya adalah dengan memasukkan dua jari ke tengah-tengah bra. Jika masih ada celah untuk dua jari, berarti bra tersebut pas dengan lingkar dada bawah.

Ketika bagian belakang bra selalu naik ke atas dan Anda harus menarik tali pada bahu sepanjang hari, maka pengait bra mungkin terlalu longgar untuk dipakai.

Anda memang bisa selalu menarik kait tali bra di belakang, namun kalau tidak berhasil juga berarti harus memilih ukuran yang ada di bawahnya.

2. Ukur Cup Bra

Dilansir dari Research Group in Breast Health dari University of Portsmouth, pengukuran cup payudara perlu mengisi dengan ukuran yang pas.

Tanda ukuran cup yang pas adalah payudara tak mengalami lipatan dan tidak terasa sesak atau seperti ingin ‘tumpah’ ke luar. Jadi, pastikan jangan ada ruang sisa di dalamnya yang membuat bra menjadi longgar ya!

Setelah mendapatkan hasilnya, kurangi hasil pengukuran tersebut dengan ukuran bra sebelumnya. Beda setiap inci mewakili ukuran cup bra.

Jika hasil mengukuran cup 35 inci dan hasil ukuran bra 34, selisihnya adalah satu inchi. Selisih satu inci berarti cup A.

Jika hasil pengukuran bra 34 inci dan pengukuran cup 37, berarti selisihnya tiga inci. Selisih tiga inci adalah cup C.

Selisih ukuran cup dan ukuran bra apabila kurang dari satu inchi berarti cup AA, satu inci berarti cup A, dua inci berarti cup B, tiga inci berarti cup C, empat inci berarti cup D, dan lima inci berarti cup DD.

3. Periksa Kawat dan Jahitan Bawah Bra

Agar payudara terasa pas dan Moms mendapatkan ukuran bra yang cocok, pastikan kawat pada bra atau jahitan bawah bra mengikuti bentuk payudara yang Anda miliki, ya!

Usai mengetahui bagaimana cara mendapatkan ukuran bra yang pas dan tanda-tanda ukuran bra yang terlalu besar atau terlalu kecil, sebaiknya Anda mengetahui apa manfaat bra.

Ya, bagi perempuan bra memang diperlukan terlebih untuk menutupi bagian payudara dan puting. Selain itu, dengan memakai bra, Anda bisa melakukan aktivitas di luar dengan lebih nyaman.

Ukuran Bra Lokal dan Impor untuk Lingkar Dada serta Cup

Ukuran bra terdiri atas angka dan huruf. Angka menggambarkan lingkar dada di bawah payudara Moms, sedangkan huruf merupakan ukuran cup bra.

Pada bra yang dijual di Indonesia, ukuran bra biasanya dinyatakan dalam centimeter dan memiliki angka yang besar, seperti 70, 80, dan sebagainya.

Ada juga bra impor (misalnya dari Amerika) yang diukur dalam inci sehingga angkanya lebih kecil, seperti 34, 36, dan lain-lain.

Agar Anda tidak bingung, berikut perbandingan ukuran pada bra lokal maupun bra impor yang biasa terdapat pada label bra sehingga bisa mendapatkan ukuran yang pas.

1. Ukuran lingkar dada

Berikut adalah panduan ukuran lingkar dada:

– XXS = 60 cm = 28 inci
– XS = 65 = 30
– S = 70 = 32
– M = 75 = 34
– L = 80 = 36
– XL = 85 = 38
– XXL = 90 = 40
– 3XL = 95 = 42
– 4XL = 100 = 44
– 5XL = 105 = 46.

2. Ukuran cup bra

Berikut adalah panduan ukuran cup bra:

– 10-11 cm = AA
– 12-13 = A
– 14-15 = B
– 16-17 = C
– 18-19 = D
– 20-21 = E
– 22-23 = F
– 24-25 = G
– 26-27 = H
– 28-29 = I
– 30-31 = J
– 32-33 = K.

Tanda Ukuran Bra Terlalu Kecil

Ukuran bra yang terlalu ketat bisa menyebabkan tekanan pada pembuluh darah di bahu dan di atas tulang rusuk. Dampaknya, Moms mengalami sakit kepala dan menjalar hingga ke lengan.

– Bagian samping kiri dan kanan payudara tertekan sehingga keluar dari cup.

– Back band atau bagian belakang bra, terutama di bagian pengait, tertarik ke atas membentuk huruf “V” yang lebar.

– Bagian punggung tertekan sehingga terasa sakit dan lemak di atas dan di bawah band menonjol keluar.

– Tali terlalu terlalu ketat meninggalkan bekas yang bekas tak sedap dipandang.

Tanda Ukuran Bra Terlalu Besar

Sementara jika bra terlalu besar, ini tandanya.

– Underband terlalu longgar sehingga dengan mudah Moms bisa menyelipkan jari di antaranya.

– Bagian cup setengah kosong (atau setengah penuh).

– Tali bra terus-menerus turun sehingga mengganggu aktivitas lengan.

Tanda Ukuran Bra Pas dengan Payudara

Jika bra yang Anda beli punya ukuran yang pas, seperti ini tandanya.

– Bagian band terasa pas, tidak terlalu longgar juga tidak terlalu ketat.

– Back band atau bagian belakang bra jatuh tepat di bawah tulang belikat.

– Cup terisi penuh namun tidak ada bagian payudara yang “tumpah” keluar.

Agar Anda tidak salah dalam mengenakan ukuran bra, berikut cara mengetahui ukuran payudara!



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.