Politics

Luruskan Niat Berpuasa – FAJAR

Oleh: Prof. Dr. Haedar Nashir, M.Si.Ketua Umum PP Muhammadiyah

Hari ini Sabtu, 2 April 2022, hari pertama kaum muslim Indonesia berpuasa Ramadhan bagi yang melaksanakannya. Terdapat 24 Negara-negara Islam lain yang melaksanakan puasa hari ini menurut informasi media, antara lain, Saudi, Emirat, Qatar, Lebanon, Suriah, Palestina, Tunis, Aljazair, dan Mesir. Di sejumlah negara di mana muslim minoritas seperti di Australia dan USA juga ada yang melaksanakan hari ini.

Kaum muslim lainnya ada yang mulai puasa besok hari (Minggu, 3 April 2022), termasuk ketetapan pemerintah Indonesia melalui sidang isbat Kementerian Agama. Perbedaan ini sering dan akan terus terjadi karena dunia Islam belum memiliki kalender tunggal global yang disepakati bersama.

Muhammadiyah sudah lama mengusulkan kalender global tersebut. Bukan hanya antar negara tetapi di dalam satu negara pun bisa terjadi perbedaan.

Kini yang diperlukan sikap toleran, rendah hati, dan bijaksana dari semua warga Muslim dan pemerintah maupun para pihak lainnya. Tidak perlu heboh dan saling menyalahkan, apalagi bikin pernyataan-pernyataan yang menghakimi disertai sikap merasa benar sendiri.

Khusus para pejabat atau tokoh yang mewakili organisasi keagamaan milik publik seperti Majelis Ulama Indonesia perlu semakin bijaksana untuk berdiri di atas semua golongan dan tidak membuat pernyataan-pernyataan penghakiman secara negatif dan mengundang keresahan atau kontroversi.




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close