Politics

Manfaat Wawasan Nusantara, Beserta Pengertian, Tujuan, Fungsi, Asas dan Konsep

Pengertian Wawasan Nusantara

Sebelum membahas tentang manfaat wawasan nusantara, kita akan ketahui dulu pengertiannya. Wawasan nusantara merupakan cara pandang terhadap bangsa Indonesia dengan orientasi menjaga kesatuan dan persatuan untuk mencapai tujuan nasional. Pengertian ini tidak mutlak ya, Sahabat Dream, mengingat banyak para ahli yang juga andil dalam mendefinisikan pengertian wawasan nusantara.

Sebenarnya istilah wawasan nusantara mengandung arti cara pandang dan pengetahuan. Nusantara mengandung arti nama lain dari Indonesia. Sedangkan wawasan berarti wawas atau melihat, sementara nusantara berarti deretan pulau-pulau atau kepulauan.

Dengan demikian, wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia terhadap rakyat, bangsa, dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, meliputi darat, laut, dan udara di atasnya sebagai satu kesatuan politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Wawasan nasional itu selanjutnya menjadi pandangan atau visi bangsa untuk menuju tujuan dan cita-cita nasional. Selain itu, wawasan nusantara adalah sudut pandang geopolitik Indonesia secara mendasar.

Sementara itu, pengertian wawasan nusantara menurut dokumen ketetapan MPR tahun 1999 adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.