Politics

Mendagri Tito Tanggapi ‘Jokowi 3 Periode’ Kepala Desa: Itu Teriakan Spontan

Merdeka.com – Heboh teriakan kepala desa ‘Jokowi 3 Periode’ rupanya sampai ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Tito merespons teriakan itu merupakan spontanitas dari para kepala desa dalam acara Silaturahmi Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi).

“Saya hadir di sana. Pertemuan itu lebih keoada rekan-rekan Apdesi menyampaikan beberapa permasalahan aspirasi mereka,” kata Tito usai Rapat Kerja Nasional Camat di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Jumat (1/4).

Tito menegaskan teriakan itu tidak terjadi saat acara berlangsung. “Setelah acara berlangsung, acara seperti itu kan ada pengantar dari saya, sesuai arahan presiden,” katanya.

“Setelah acara selesai, tutup, saat beliau (Jokowi) keluar menuju kendaraan ada beberapa yang biasalah ramai pengin foto, segala macam. Sambil jalan (Jokowi) melayanilah (berfoto). Ada yang teriak Pak Jokowi 3 Periode. Nah Pak Jokowi senyum saja,” beber Tito.

Lantas, peristiwa tersebut ditulis awak media. “Cuma kemudian di media malah itu yang diangkat, padahal itu bukan di acara resmi. Itu kan teriakan spontan,” beber Tito.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjelaskan status dua organisasi Apdesi yang tengah berseteru. Dualisme Apdesi terungkap setelah dukungan tiga periode kepada Presiden Jokowi.

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar Baharudin menyebut, kedua organisasi tersebut sama-sama sah. Namun memang berbeda.

Ada dua Apdesi. Pendukung Jokowi tiga periode dipimpin Surta Wijaya. Sementara yang menolak dan merasa dicatut yakni Apdesi kubu Arifin Abdul Majid.

Dari namanya, hanya berbeda satu huruf pada kata asosiasi. Dimana versi Surya yakni Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Desa Seluruh Indonesia. Sedangkan, kubu Arifin menggunakan nama Perkumpulan Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi).

[rhm]




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close