Politics

Nasib Pilu Penjual Buku Bekas di Tempat Nongkrong Jakarta yang Meredup, Jual Murah Demi Cepat Bayar Utang

Dirinya bahkan terpaksa menjual buku-bukunya dengan harga murah, yakni sekitar Rp10 ribu demi cepat membayar utang.

Dream – Pandemi Covid-19 yang masih mewabah di kota Jakarta ternyata mulai menyisakan banyak kisah pilu. Selain sanak keluarga atau teman yang meninggal dunia, wabah yang dipicu virus Sars-CoV-2 telah menyebabkan banyak perubahan di banyak tempat keramaian.

Salah satunya adalah tempat nongkrong anak Jakarta di era 1980-an yang mulai kehilangan pamornya. Kawasan Blok M yang dulunya ramai dengan pedagang buku bekas kini terlihat sepi pengunjung.

Kondisi yang membuat para pemilik lapak terpaksa gigit jari karena penjualan buku mengalami penurunan yang cukup signifikan.  Hal itu dibenarkan seorang pria yang disapa Pak Agus yang menjadi penghuni lapak buku bekas di kawasan Blok M.

Pak Agus bahkan terpaksa menjual buku-bukunya dengan harga murah yakni sekitar Rp10 ribu. Tak hanya untuk menyambung hidup, buku-buku itu dijual merah agar dia bisa cepat membayar utang.

Kisah Pak Agus tersebut diunggah oleh pemilik akun TikTok @ameliatring pada Minggu, 11 September 2022.

1 dari 3 halaman

Dalam video, tampak Pak Agus yang masih dengan telaten menjajakan buku-bukunya.

” Beliau Pak Agus penjual buku di Blok M, murah-murah banget gais banyak yang 10k,” tulis si pemilik akun dalam keterangan videonya.

Meski menjual buku hanya seharga Rp10 ribu, Pak Agus tetap menjaga kualitas buku-bukunya terjaga dengan baik. Meski tak sebagus buku baru, barang dagangan Pak Agus masih terawat dan layak dibaca.

Buku bekas murah di Blok M, Jakarta Selatan.© TikTok @ameliatring

2 dari 3 halaman

” Bapaknya baik banget, dicariin dan direkomendasiin buku yang bagus, fyi buku second ya, tapi bagus-bagus dan layak baca,” jelas si pengunggah video.

” Kalau ke Blok M jangan lupa mampir ke toko Agustin Book ya. Dari pintu depan Blok M Square turun ke bawah,” imbuhnya.

Sontak saja unggahan video tersebut pun menuai perhatian dari warganet. Banyak dari mereka yang menuliskan komentar berisi doa dan semangat untuk Pak Agus.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Aku dah beli disini, bapak dan anaknya baik banget. Makasih banyak ya pak. Semoga tambah laris dan berkah jualannya ya. Aamiin,” komentar warganet.

Laris manis dan berkah jualan bapak. Sehat terus buat bapak,” komentar warganet.

Kak kalau udah ada olshopnya tolong kabari ya, kebetulan ada beberapa buku mata pelajaran yang lagi dicari. Siapa tahu berjodoh sama bapaknya,”   sahut yang lainnya.

Aku pernah beli buku di sini, bapaknya baik banget dan harganya menurutku nggak mahal-mahal kok,” tutur warganet lainnya.




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.