Politics

Operasikan Pesawat Airbus A330-200, Garuda Indonesia Evakuasi 80 WNI dari Ukraina

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAGaruda Indonesia mengoperasikan penerbangan evakuasi bagi 80 Warga Negara Indonesia (WNI) dan 3 Warga Negara Asing dari Ukraina.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, penerbangan ini merupakan tindak lanjut dari upaya evakuasi WNI dari situasi konflik Ukraina yang diinisiasi oleh Kementerian Luar Negeri dengan penerbangan charter Garuda Indonesia.

Baca juga: Soal Evakuasi WNI di Ukraina, Kemlu: 14 WNI Masih Tinggal di Bucharest karena Postif Covid-19

“Penerbangan evakuasi ini menggunakan armada Airbus A330-200. Pesawat tersebut diterbangkan dari Bucharest, Rumania yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Ukraina menuju Jakarta, Indonesia,” kata Irfan, Jumat (4/3/2022).

Ia juga menjelaskan, penerbangan tersebut diberangkatkan dari Bandara Henri Coanda Bucharest, Rumania Rabu (2/3/2022) pukul 15.10 dan tiba di bandara internasional Soekarno Hatta pada Kamis (3/3/2022) pukul 17.00 WIB, setelah sebelumnya melakukan transit di Madinah.

Baca juga: Dubes Hamianin Berharap Indonesia Dukung Ukraina, Negara Lain Setop Menyediakan Peralatan Militer

“Penerbangan evakuasi bagi WNI dari Ukraina memiliki arti tersendiri bagi kami untuk dapat mengambil bagian dalam misi kemanusiaan ini,” ucap Irfan.

Irfan juga menjelaskan, bahwa penerbangan evakuasi WNI tersebut ini telah melalui koordinasi intensif bersama pemangku kepentingan terkait dengan memperhatikan prosedur keselamatan dan keamanan penerbangan antarnegara.

“Adapun keseluruhan proses penerbangan evakuasi ini berjalan dengan baik dan lancar. Seluruh WNI telah mendarat dengan selamat bersama seluruh tim pendamping dari Kementerian Luar Negeri RI, tim pengamanan dari Mabes TNI, serta tenaga kesehatan,” kata Irfan.

Selain itu Irfan juga mengungkapkan, peran Garuda Indonesia dalam proses evakuasi merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan sebagai maskapai penerbangan nasional, yang salah satunya diwujudkan melalui penyediaan aksesibilitas layanan penerbangan yang siap setiap saat bagi masyarakat Indonesia yang akan kembali ke tanah air di tengah situasi konflik.

“Sebuah keniscayaan bagi Garuda Indonesia sebagai maskapai pembawa bendera bangsa untuk turut ambil bagian dalam peran aktif negara dalam memberikan perlindungan bagi warganya, salah satunya melalui misi pemulangan WNI dari Ukraina,” kata Irfan.




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close