Politics

Orangtua Harus Tahu Tanda Darah Rendah pada Anak

Poptren.suara.com – Darah rendah atau anemia pada anak-anak terkadang sulit dideteksi karena anak-anak rentan terkena penyakit lainnya.

Darah rendah merupakan kondisi dimana jumlah sel-sel darah merah didalam tubuh menurun dibawah normal. Kondisi ini disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi.

Bunda tak perlu khawatir karena hal ini bisa diatasi atau diobati segera jika terdeteksi secara dini. Maka dari itu wajib tahu tanda darah rendah pada anak agar bisa melakukan deteksi dini.

Melansir halaman halodoc, berikut beberapa tanda darah rendah pada anak yang wajib bunda ketahui, yaitu :

1. Kulit berwarna pucat atau menguning

Kulit yang terlihat menguning atau pucat merupakan salah satu tanda anak mengalami darah rendah atau anemia. Hal ini terjadi karena penghancuran sel darah merah lebih cepat dibandingkan dengan pembentukannya (anemia hemolitik).

2. Air kencing berwarna hitam

Jika urin atau air kencing anak yang keluar berwarna gelap atau hitam, ini adalah salah satu tanda tekanan darah rendah pada anak-anak. Sistem imun tubuh menyerang sel darah merah yang sehat sebagai penyebabnya. Ketika dikeluarkan dari tubuh, sel darah merah bercampur dengan urin dan berubah menjadi gelap atau bahkan merah seperti darah.

3. Tubuh lemas dan lemah

Ketika tubuh kekurangan sel darah merah, tubuh akan mengalami anemia. Beberapa gejala yang dapat terjadi adalah tubuh menjadi lemas dan sakit akibat kurangnya hemoglobin dalam tubuh.

4. Detak jantung cepat

Anemia pada anak bisa meningkatkan denyut jantung. Hal ini terjadi karena jantung harus memompa lebih banyak darah untuk memenuhi kebutuhan sel darah merah dalam tubuh.

Penting bagi orangtua untuk memperhatikan kondisi anak agar masalah ini bisa diatasi sebelum menimbulkan masalah yang besar bagi anak dan pastikan memberikan asupan makanan sehat dan bergizi termasuk makanan yang mengandung zat besi.

Sumber : Yoursay.id



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close