Politics

PAN Diplomasi Gowes dengan PDIP, KIB Pastikan Koalisi Masih Solid

Merdeka.com – Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto gowes bareng dengan Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno pada Jumat (15/7) pagi.

Pertemuan dua sekjen tersebut memunculkan spekulasi ada perpecahan di tubuh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari PAN, Golkar dan PPP itu.

Ketua DPP PPP, Ahmad Baidowi menyatakan KIB tetap solid dan pertemuan Hasto dan Eddy hanya pertemuan biasa.

“Itu bagian dari komunikasi politik biasa sesama Sekjen Partai, itu PPP melakukan hal yang sama dengan partai lain, sejauh ini KIB masih solid untuk bersama-sama Untuk pemilihan presiden 2024,” kata dia.

Menurut pria yang akrab disapa Awiek itu, anggota KIB tidak membatasi untuk berkomunikasi dengan partai manapun, termasuk PDIP.

“KIB tidak pernah membatasi komunikasi dengan siapa pun apalagi dengan PDI sesama partai koalisi, kan namanya bertukar pikiran hal yang biasa saja,” pungkas dia.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily menegaskan tidak ada keretakan di KIB. Ia menyebut pertemuan dua sekjen itu hanya mewakili individu, bukan sikap Partai.

“Jangan terlalu berspekulasi terlalu jauh. KIB itu sudah menjadi kesepakatan bersama antara partai secara institusi, bukan kesepakatan antara orang per orang, tetapi sudah menjadi kesepakatan institusi,” kata Ace saat dikonfirmasi, Sabtu (16/7).

Ace menyebut agenda gowes bareng Sekjen PDIP dan Sekjen PAN tidak menandakan ada alarm bahaya di internal KIB. “Masa gara-gara gowes bareng dinilai bahaya,” ucapnya.

Wakil Ketua Komisi VIII itu memastikan hingga saat ini KIB tetap solid pada kesepakatan awal. “Insya Allah, ketiga partai koalisi di KIB ini istiqomah dan konsisten dengan kesepakatan bersama,” katanya.

Reporter: Delvira/Liputan6.com

[rhm]




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close