Politics

Pelajar dan Tenaga Pendidik di Jawa Barat Didukung Siapkan Budaya Digital

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG – Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Ditjen Aplikasi dan Komunikasi menggelar webinar Literasi Digital Segmen Pendidikan Wilayah Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Webinar dengan tema Pemanfaatan Internet Untuk Menyebarkan Konten Positif itu, diikuti pelajar dengan tiga narasumber.

Junico BP Siahaan selaku angota komisi I DPR RI, Budi Hermawan selaku kepala UPTD Tikomdik Pemprov Jabar, dan Budi Dalton yang merupakan seniman Jawa Barat.

Acara dibuka langsung Menteri Komunikasi dan Informatika Johny G Plate, Senin (27/6/2022).

“Dalam pandemi Covid-19 kita dituntut untuk melek pada teknologi, Acara ini bertujuan untuk menyiapkan pembelajaran jarak jauh atau PJJ untuk bisa maksimal. Kegiatan ini diperuntukan untuk siswa mahasiswa dan juga tenaga pendidik,” kata Menkominfo dalam sambutannya.

Baca juga: Komisi I DPR Bicara Soal Pegangan Bagi Warganet dalam Pemanfaatan Dunia Digital

Acara ini bertujuan untuk memberikan dukungan partisipasi bagi siswa dan tenaga pendidik di wilayah Jawa Barat untuk mewujudkan Budaya Digital dalam lingkungan belajar.

Selain itu, juga menumbuhkan karater bagi pelajar dalam kemandirian mencari hal yang tidak diketahui melalui literasi digital guna membangun budaya digital bagi pelajar.

Dunia digital merupakan sebuah kesempatan yang besar untuk berkreasi, berkarya, berkarir dan berwirausaha. Per Januari 2022, terdapat 204,7 juta pengguna internet dari total populasi Indonesia sebesar 277,7 juta orang dimana tingkat penetrasi internet di Indonesia mencapai 73,7 persen dari total penduduk.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno Targetkan Bali Jadi Workcation Bagi Digital Nomad

“Sebagai contoh teknologi digital mampu mempengaruhi dunia politik beliau menjelaskan mengenai proses demokrasi di amerika serikat,” kata Nico saat menyampaikan materi.

Menurut survei indeks literasi digital yang dilakukan oleh katadata dan kominfo pada tahun 2021 dari 4 indikator aitu digital skills, digital culture, digital ethic hingga digital safety.




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close