Politics

Pemerintah Buka Pintu Masuk Internasional ke Bali Mulai 4 Februari

Merdeka.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pemerintah akan kembali membuka pintu masuk internasional ke Bali mulai 4 Februari 2022 mendatang. Tujuannya untuk kembali menggencarkan ekonomi Bali yang sudah cukup terdampak akibat pandemi Covid-19, utamanya saat penyebaran kasus omicron saat ini.

“Namun, kami tetap akan melakukan pembukaan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut,” kata Luhut dalam sesi teleconference, Senin (31/1).

Dia menjelaskan, pembukaan pintu masuk Bali hanya diperuntukkan bagi pelaku perjalanan luar negeri non-pekerja migran Indonesia (PPLN non-PMI). Selain peraturan karantina akan tetap mengikuti edaran Surat Edaran yang berlaku.

“Saat ini Bali juga menyediakan dua opsi tambahan untuk karantina PPLN, yakni Karantina Bubble dimulai di 5 hotel terlebih dahulu dengan total 447 kamar dan 6 Kapal Live on Board yang sudah tersertifikasi CHSE oleh Kemenparekraf,” terangnya.

Kendati begitu, Luhut tetap waspada atas penularan kasus omicron di Indonesia yang kian bertambah setiap harinya. Pemerintah lantas belajar dari berbagai sumber data terkait tingkat rawat inap pasien omicron di berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Israel, Afrika Selatan maupun Inggris.

“Namun jumlah rawat inap di negara tersebut jauh lebih tinggi dikarenakan jumlah kasus di negara tersebut meningkat hingga lebih dari tiga kali dibandingkan dengan delta,” ujar Luhut.

Dari data tersebut, pemerintah coba menganalisa, jumlah rawat inap rumah sakit di Indonesia dapat lebih tinggi daripada delta. “Apabila kasus harian meningkat lebih dari tiga kali seperti tahun lalu hampir 56 ribu, bisa saja nanti bila kita tidak berhati-hati,” tegasnya.

Namun, dia memperkirakan angka tersebut kecil kemungkinan terjadi, karena berdasarkan berbagai simulasi/model yang pemerintah susun dengan para pakar, angka ini masih jauh. “Kita tidak perlu khawatir berlebihan, tetapi kita tetap perlu super waspada,” seru Luhut.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Bali Buka Penerbangan Internasional Mulai 4 Februari 2022
Pemprov Bali: 44 Siswa Terpapar Covid-19 di Luar Sekolah
Indonesia Jadi Tuan Rumah Global Platform For Disaster Risk Reduction 2022
Kasus Covid-19 di Bali Melonjak, Gubernur Koster Sebut Kemungkinan Besar Omicron
Jaga Kekayaan Desa Adat di Bali, Kapolri Kukuhkan Bankamda dan Sipandu Beradat
WN Rusia Ditemukan Tewas di Badung, Sebelumnya Sempat Terlibat Kecelakaan




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.