Politics

Turki Resmi Berganti Nama di PBB Menjadi ‘Turkiye’

Merdeka.com – Turki kini telah resmi berganti nama di PBB menjadi Turkiye. Turki telah meminta PBB mulai saat ini menyebutnya “Turkiye” dalam sebuah bahasa.

Penggantian nama ini diumumkan PBB pada Rabu (2/6).

“Perubahan itu secepatnya,” jelas juru bicara Sekjen PBB, Stephane Dujarric kepada AFP melalui email.

Dujarric menekankan, surat resmi Ankara yang meminta perubahan nama itu telah diterima di markas PBB di New York, Amerika Serikat pada Rabu (1/6).

Sehari sebelumnya, Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu mengunggah foto di Twitter saat dia menandatangani surat yang ditujukan kepada Sekjen PBB Antonio Guterres.

“Dengan surat yang saya kirim kepada Sekjen PBB hari ini, kami mendaftarkan nama negara kami dalam bahasa asing di PBB sebagai ‘Turkiye’,” tulis Cavusoglu, dilansir Channel News Asia, Jumat (3/6).

Cavusoglu menambahkan, perubahan nama itu akan mengakhiri proses “meningkatkan nilai ciri khas negara kami”, inisiatif yang digagas Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Selama beberapa tahun terakhir, produk-produk negara tersebut tak lagi bertuliskan “buatan Turki”, melainkan “buatan Turkiye”.

Selain membuat nomenklatur PBB sesuai dengan ejaan negara dalam bahasa Turki, pembaruan tersebut juga akan membantu membedakan negara tersebut dari burung dengan nama yang sama dalam bahasa Inggris.

[pan]




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.