Politics

Usai Hari Suci Nyepi, Volume Sampah di Denpasar Meningkat 20 Persen

Merdeka.com – Volume sampah di Kota Denpasar, Bali meningkat usai rangkaian perayaan Hari Suci Nyepi Caka 1944. Berdasarkan data Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar, peningkatan volume sampah mencapai 20 persen menjadi 950 ton, dibandingkan hari biasa yang berkisar di angka 800 ton.

“Pasca-rangkaian Hari Suci Nyepi Caka 1944 volume sampah di Kota Denpasar bertambah 20 persen dari hari biasa, dan sampah ogoh-ogoh menurun 30-40 persen dari sebelum pandemi,” kata Kepala Dinas DLHK Kota Denpasar, IB Putra Wirabawa dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (5/3).

Ia juga menerangkan, bahwa secara umum DLHK Kota Denpasar setiap menyambut hari besar keagamaan senantiasa selalu bersiaga. Hal ini lantaran lonjakan volume sampah cenderung meningkat saat hari besar keagamaan.

“Kami tetap bersiaga kapanpun untuk memastikan kebersihan Kota Denpasar,” imbuhnya.

Antisipasi terhadap penanganan lonjakan sampah ini dilaksanakan dengan mengintensifkan seluruh personel termasuk armada truk dan moci.

“Kami tetap bersinergi dengan semua elemen hingga desa atau lurah guna menangani sampah hari besar keagamaan yakni rangkaian Hari Suci Nyepi ini,” ujarnya.

Lonjakan sampah tersebut didominasi organik yang sebagian besar dari sisa upacara dari rangkaian janur. Pihaknya mengatakan bahwa peningkatan volume sampah ini telah ditangani hingga Kota Denpasar kembali bersih.

Dia mengimbau masyarakat untuk turut andil meminimalisir jumlah sampah saat hari raya. Hal ini dapat dilakukan dengan pemilahan sampah organik dan anorganik sebelum dibuang. Hal ini guna memberikan kemudahan dalam penanganan lanjutan.

“Kami turut mengajak masyarakat untuk andil dalam menjaga kebersihan dengan memilah sampah dan membuang sampah sesuai dengan jam yang ditentukan oleh swakelola sampah, sehingga sampah tidak menumpuk di pinggir jalan, dan kerja sama ini sangat penting menuju Kota Denpasar yang bersih dan asri,” jelasnya. [cob]

Baca juga:
Bandara I Gusti Ngurah Rai Kembali Beroperasi Usai Libur Nyepi, Berikut Jadwalnya
Libur Nyepi Jalur Puncak Ramai Lancar, Macet di Lokasi Wisata
Libur Nyepi Dimanfaatkan Warga Kunjungi Setu Tujuh Muara
Hari Raya Nyepi, Ribuan Warga Jakarta Berlibur ke Ancol dan Ragunan
Kenakan Baju Adat Bali, Intip Deretan Artis Tanah Air yang Ikut Rayakan Nyepi 2022




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close