Politics

Zelenskyy Beri Peringatan Negara Tetangga, Rusia Bisa Saja Menginfasi Negara Mereka

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memperingatkan negara-negara tetangganya untuk mewaspadai Rusia.

Presiden berlatar belakang komedian itu mencurigai Rusia hanya menjadikan Ukraina sebagai awal dari serangan lantaran Moskow berencana memperluas invasinya ke negara tetangganya.

Peringatan itu disampaikan Presiden Zelenskyy setelah seorang jenderal Rusia mengatakan negaranya menginginkan kendali penuh atas Ukraina selatan.

“Semua negara yang, seperti kami, percaya dengan kemenangan hidup atas kematian harus bertempur bersama kami. Mereka harus membantu kami, karena kami yang pertama dalam barisan. Dan, siapa akan jadi berikutnya?” kata Presiden Zelenskyy dilansir Antara dari Reuters.

Militer Ukraina mengatakan pasukan Rusia telah meningkatkan serangan di sepanjang garis depan wilayah timur dan berusaha menyerang wilayah Kharkiv, sebelah utara dari target utamanya, wilayah Donbas.

Pernyataan militer Ukraina diamini pihak Kementerian Pertahanan (Kemhan) Rusia yang mengatakan bahwa pasukannya telah merebut depot senjata besar di Kharkiv dan menghantam puluhan target di wilayah Donetsk dan Kharkiv pada Jumat.

Namun, Komando militer Ukraina di selatan dan timur mengeklaim telah menahan 11 serangan Rusia, menewaskan 130 tentara dan menghancurkan 12 tank dan 27 kendaraan lapis baja mereka.

Wakil Panglima Distrik Militer Pusat Rusia Rustam Minnekayev dikutip kantor-kantor berita Rusia mengatakan kendali penuh atas Ukraina selatan akan memberi Moskow akses ke Transnistria, pecahan Moldova yang diduduki Rusia di wilayah barat.




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published.

close